AKU BERDOA AGAR BANG SANI SELALU DEKAT DENGAN DHUAFA


Triwisaksana, atau lebih dikenal dengan Bang Sani mengawali obrolannya di sebuah rumah makan di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur dengan mengutip sebuah riwayat yang menyatakan “Sesungguhnya kita akan ditolong Allah SWT lantaran kita menolong Dhuafa”. Triwisaksana sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta menyinggung bahwa mau jadi DKI1 atau tidak tetap harus memperhatikan masyarakat termasuk dhuafa didalamnya, mereka yang memikirkan besok makan apa?, memikirkan biaya hidup dan sebagainya, mesti diperhatikan kehidupan sosialnya.

Menurut Triwisaksana, ada dua hal yang akan disiapkan untuk mengatasi masalah kaum dhuafa di Jakarta. Pertama, konsep untuk membenahi beberapa titik kelemahan Jakarta. Di antaranya, bagaimana tanggung jawab pemerintah terhadap kaum dhuafa, mengingat di Ibukota Negara ini masih ada sekitar 160 ribu keluarga yang masih miskin. Kedua, memberikan prioritas kemudahan bagi kaum dhuafa untuk mengakses pendidikan ke sekolah-sekolah. Ketiga, memudahkan akses untuk memelihara kesehatan. Keempat, meringankan akses untuk mendapatkan rumah murah. Kelima, memberikan jaminan sosial seperti asuransi kematian dan kecelakaan dan kelima, memperbanyak lapangan usaha atau pekerjaan.

“Pemerintah harus bertanggung jawab untuk itu. PKS melihat harusnya warga dhuafa itu yang menjadi prioritas, bukan mereka yang punya uang,” kata Triwisaksana.

Dari dulu, politisi PKS ini memang konsisten memperjuangkan dan membantu kaum dhuafa. Triwisaksana sering mengantarkan langsung paket – paket sembako ke rumah – rumah warga dhuafa. Salah satunya seperti saat menghadiri acara bazar sembako murah di RT.003/01 Gg RW Kelurahan Pesanggrahan Jakarta Selatan, Triwisaksana mengunjungi salah satu rumah warga bertaraf ekonomi rendah (dhuafa). Rumah yang dituju tidak jauh dari lokasi bazar sembako murah, sambil menelusuri gang sempit di Gg RW RT.003 RW.01 Pesanggrahan, Triwisaksana masuk ke salah satu rumah yang dihuni seorang ibu, lalu memberikan sembako kepadanya. “Ini sembako dari PKS untuk ibu, semoga bermanfaat untuk ibu sekeluarga,” kata Triwisaksana kepada Ibu Zubaedah.