PKS di Pinggir Kali Ciliwung Kampoeng Rawajati - Jakarta Selatan

Selamat ulang tahun Jakarta

Semoga makin berkah dan nyaman tinggal di Jakarta

Bagi yang belum tahu letak kampoeng Rawajati, mari saya beri tahu, letaknya ada di kelurahan rawajati kecamatan pancoran. Kampung ini aseli banyak sekali orang betawi dan pendatang. Baik orang betawi dan pendatang hidup harmonis di sini. Kampoeng Rawajati ini contoh unik perpaduan antara kelas menengah atas yang diwakili oleh dua komplek perumahan dan apartemen yaitu komplek kalibata indah dan komplek rumah jabatan anggota DPR. Dua apartemen yaitu komplek apartemen Kalibata City dan yang sedang akan selesai dibangun woodhill. Kampoeng ini juga punya dua mall, saling bersebrangan Kalibata Plaza dan Mall Kalibata City.

Dibalik kelas menengah dan atas, di sini juga punya RW yang sering langganan banjir. Seringkali banjir sehingga penghuni di beberapa RW sudah punya mekanisme yang teratur dalam menghadapi banjir. Banjir besar tahun lalu yang menimpa Jakarta, ikut menghanyutkan beberapa rumah di Rawajati.

Nah kampoeng Rawajati yang adem dan hijau ini pagi tadi semakin adem karena kerja para tokoh tokoh nya. Tokoh penggerak Rawajati yang saya kenal ini sering banget menyambangi dan bekerja sosial dengan penuh cinta. Nah tokoh tokoh di Rawajati ini uniknya juga banyak yang kader PKS Rawajati. Seringkali mereka bekerja tidak memakai atribut partai dan terus bekerja dengan konsisten.

Dalam beberapa pelayanan sosial seperti mengajar guru guru PAUD saya seringkali ketemu mereka. Bekerja menyambangi banjir di Rawajati lagi lagi ketemu mereka. Nah tadi pagi mereka buat acara unik untuk masyarakat Rawajati. Mereka sebut sebagai Market Day. Hari pasar, menariknya adalah transaksi yang dilakukan berupa penukaran botol plastik bekas atau deterjen bekas dengan seikat sayur mayur. Selain itu bagi yang tidak punya, mereka boleh menukarkan sayur kalau mereka sudah melakukan cek gula darah. Kreatif dan membumi.

Nah ini saya bagikan foto fotonya


Ini Bang Kamal, die aseli betawi, lagi ngebuka dan ngelayanin ibu ibu dengan penuh cinta
 
Ini ibu ibu lagi cek gula darah
  
Ini Mpok Nora, srikandi dari pinggir kali yang sering banget bantu masyarakat banjir di RW 7