KAJIAN "BAHAYA SOMBONG" OLEH UST. BUKHORI UNTUK KADER PEREMPUAN PKS

Ust. Bukhori Yusuf adalah anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang saat ini ditugaskan di Komsisi III. Beliau berasal dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan. 

Tidak akan masuk surga orang yang memiliki rasa sombong walau sebesar biji sawi. Kisah manusia sombong yang dibinasakan diabadikan Allah dalam Al Qur’an. Firaun yang sombong karena kekuasaannya ditenggelamkan oleh Allah ke dalam Laut Merah. Qarun yang sombong karena harta dan ilmunya dibenamkan Allah ke dalam Bumi. 

Mengapa sombong? Mungkin karena merasa lebih kaya? Merasa lebih sukses? Merasa lebih pintar? Merasa lebih cantik/tampan? Atau mungkin merasa lebih shalih?

Sungguh tak ada yang patut kita sombongkan, karena semua yang kita miliki adalah milik Allah, diri kitapun milik Allah, kapan saja Allah bisa mencabut nikmat-nikmat-Nya dari kita.

Sungguh tak pantas kita sombong… Bukankah manusia diciptakan dari setetes air yang hina? Bukankah kita dilahirkan tanpa mengetahui apapun? Bukankah tiada daya upaya melainkan karena Allah?

Mungkin kita merasa lebih shalih dari orang lain?

*) dalam kajian bulanan kader perempuan DPC PKS Pancoran 23 Juni 2013