Yusuf Qardhawi : Umat Islam Perlu Introspeksi di Penghujung Tahun

oleh Dr. Yusuf Qaradhawi

Siapa yang akan mengoreksi umat ini? Kita merindukan adanya forum pemimpin yang tidak lagi diwarnai perselisihan politik dan mengutamakan kepentingan local, daerah, suku, dan ras, melainkan bersama – sama memikirkan masalah umat ini, yaitu umat Al Qur’an, umat Islam, dan umat yang pasti menjadi umat terbaik yang diutus kepada manusia.

Saudaraku …
Sangat perlu sekali  umat islam melakukan muhasabah di penghujung tahun, mengevaluasi diri, dan merenungi : apa yang telah diperbuat di masa – masa kemarin? Apa yang dilakukan hari ini? Dan , apa yang akan dikerjakan hari esok? Beginilah cirri umat yang hidup.

Sedangkan umat yang mati tiada memiliki ambisi apa-apa, tidak pula kebaikan. Apa yang telah, sedang, dan akan terjadi tidak pernah dipikirkan. Mereka tiada pernah memikirkan apa yang telah terjadi kemarin sebagai pelajaran. Mereka tiada pernah memikirkan apa yang semestinya dilakukan hari ini untuk segera ditunaikan. Dan, mereka tiada pernah memikirkan apa yang yanga kan dikerjakan besok untuk direncanakan.

Wahai saudaraku, apakah kita ini umat yang hidup atau yang mati ?

Kita yakin umat ini tiada akan pernah mati, sebab umat Islam adalah umat yang abadi. Adalah umat terakhir yang dibebani oleh Allah SWT risalah terakhir, yakni risalah yang abadi. Karena itu, Allah menjamin tidak akan membinasakan umat ini, dan tidak pula membiarkan umat lain menguasainya, lalu menghalalkan telurnya. Allah persipakan sekelompok orang yang selalu berpegang Teguh pada kebenaran, dan tidak tergoyahkan oelh orang – orang yang berbeda haluan sampai akhirnya datang hari kemudian.

Beginilah umat islam

Umat ini akan kekal sampai datangnya hari kemudian, seiring kekalnya Al Qur’an, sunnah Nabi dan agama ini. Umat ini akan senantiasa ada, di dalamnya akan senantiasa ada sekelompok orang yang menegakan dan mendukung kebenaran.

Disadur dari buku Kumpulan ceramah Pilihan Syaikh Qaradhawi hal 292-293