Selamat Tahun Baru Islam 1430 H

Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1430 Hijriyah (29/12) seyogyanya moment tersebut bisa menjadikan masyarakat dan para pemimpin untuk mengevalusi diri. Mengevaluasi untuk semakin meningkatkan kepedulian kepada rakyat maupun saudaranya yang sedang dilanda kesusahan.
Makna kepedulian sosial adalah seperti tubuh manusia. ”Apabila satu bagian terluka, maka bagian yang lain juga tersasa sakit, merasa nyeri. Demikian pula jika ada saudara atau tetangga kita yang tertimpa kesulitan, kesusahan, seperti banjir atau tanah longsor, maka dengan serta merta kita akan mengulurkan bantuan apapun itu bentuknya karena kita menganggap mereka adalah bagian dari kehidupan kita. Itulah makna peduli, dan itulah artinya empati”.
Oleh karena itu, pada momen tahun baru Hijriyah 1430 H yang sekarang ini lebih dahulu dari tahun baru Masehi 2009, semoga kita bisa lebih berinstropeksi untuk bisa berbuat lebih baik di hari esok. Sehingga kita akan memasuki tahun baru dengan lebih berarti, karena kita belajar untuk lebih peduli. Pada tahun baru hijriah ini kita harus lebih mampu berbagi kepada sesama sebagai wujud “hijrah sosial”. Dan seperti telah umum terjadi pada Peringatan Tahun Baru Islam tepatnya setiap tanggal 10 Muharram maka umat muslim banyak yang melakukan santunan kepada anak yatim. Diriwayatkan Al Imam Bukhari dari jalan Abu Hurairah, dimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan: " Orang yang menanggung anak yatim baik anak yatim itu ada hubungan famili maupun tidak, maka saya dan orang yang menanggungnya seperti dua jari ini di dalam surga." Malik bin Anas perawi hadist itu mengatakan, Rasulullah memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah.
Hal ini sangat selaras dengan apa yang menjadi komitmen masing – masing DPRa PKS di Pancoran. Mereka berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan sosial berupa baksos dan layanan kesehatan gratis 2 kali tiap bulan di setiap wilayahnya. Kemudian untuk hariannya kader – kader PKS Pancoran juga senantiasa melakukan silahturahim ke tetangga – tetangga di sekitar lingkungannya melalui program GNPT (Gerakan Nasional Peduli Tetangga). Selain itu juga akan ada sunatan masal dan santunan anak yatim untuk beberapa wilayah di kecamatan Pancoran.

www.pks-dpcpancoran.blogspot.com