Bank Syariah Pertama di Pancoran

Kini Bank Syariah telah hadir di Pancoran. Bank Muamalat telah membuka kantornya di wilayah Pancoran, tepatnya di komplek ruko antara R.S Tria Dipa dan Masjid Al-Munawar Pancoran. Ini sepertinya bank syariah pertama yang membuka kantornya di wilayah Pancoran, pas banget sama slogannya pertama murni syariah.

Perkembangan Bank Muamalat , makin hari makin mendapat tempat di dunia usaha masyarakat. Jumlah Bank Muamalat pun bertambah. Secara keseluruhan, Bank Muamalat memiliki 54 kantor cabang di Indonesia, 100 kator kas dan 80 kantor cabang pembantu.

Pada 2008 pertumbuhan total aset bank syariah sudah mencapai angka di atas 45% atau tumbuh lebih tinggi dari rencana bisnis bank syariah yang telah diajukan ke BI.

Berdasarkan prospek kondisi makroekonomi Indonesia tahun 2008, maka dapat diprediksikan pertumbuhan industri perbankan syariah pada tahun depan masih akan menikmati high-growth (pertumbuhan tinggi), yakni di kisaran 38 %, dibandingkan perbankan secara nasional.

Pengesahan RUU Perbankan Syariah menjadi UU pada Juni 2008 (17/6) diharapakan dapat mendorong sector perbankan syariah menjadi lebih agresif lagi. Karena perbankan syariah akan lebih mudah dalam persyaratannya terutama dari segi collateral, untuk usaha kecil menengah, dan mikro. Waktu itu sebagian besar fraksi telah menyetujuinya, kecuali Partai Damai Sejahtera (PDS) yang menyatakan ketidakpersetujuannya untuk mengesahkan RUU Perbankan Syariah menjadi UU.