Hidayat Nurwahid Favorit Capres


Hidayat Nurwahid, Ketua MPR RI yang juga tokoh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), merupakan sosok yang paling banyak diminati untuk menjadi calon presiden pada pemilu 2009.

Setidaknya, itulah gambaran selintas yang terekam lewat jajak pendapat yang dipilih oleh pembaca atau pemirsa tvOne. Jajak pendapat tersebut diluncurkan sepekan lalu, lewat wesite tvone.co.id. Dalam tempo sepekan, terjaring 547 responden, dan Hidayat Nurwahid meraih dukungan terbanyak, yakni 240 suara.

Suara Hidayat dua hari terakhir bersaing ketat dengan Susilo Bambang Yudhoyono, bahkan suara SBY sempat unggul beberapa hari, sampai akhirnya tersusul pada Rabu (25/2) kemarin oleh pesaingnya Hidayat. SBY sendiri, hingga Kamis pagi dipilih oleh 202 responden, yang menganggapnya layak jadi presiden.

Kemudian di urutan 3, Megawati Soekarnoputri yang meraih 28 suara. Mega diikuti ketat di urutan berikutnya oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang memperoleh 27 dukungan. Sedangkan Jusuf Kalla dan Prabowo berada di bawah Sultan, dan keduanya juga bersaing ketat dengan perolehan suara masing-masing 18 dan 17 suara.

Adapun Wiranto, dengan perolehan 9 suara, masih bercokol di papan bawah bersama Sutiyoso yang meraih dukungan 4 suara. Sayang, nama lain belum dimasukkan dalam alternatif pilihan, seperti aktor Deddy Mizwar, Rizal Ralmi, dan Bugiakso.

PKS Unggul

Pada jajak pendapat lain yang juga diselenggarakan website tvone.co.id, yakni tentang partai favorit pilihan pembaca dan pemirsa tvone, diperoleh angka cukup mengejutkan: PKS unggul!

Di luar dugaan, PKS mengungguli Golkar, PDI P dan Demokrat dengan perolehan suara 228. Sedangkan urutan kedua, terpaut cukup jauh, yakni Partai demokrat dengan 87 suara. Kemudian diikuti PDI Perjuangan 17 suara.

Hal yang menarik, tiga partai meraih perolehan suara yang sama, yakni: Partai Golkar; PPP; dan Partai Bintang Bulan dengan perolehan suara masing-masing 13 pemilih. Gerindra memperoleh 7 suara, dan Republika Nusantara yang mengusung nama Sultan HB X sebagai Capres, baru meraih satu suara.


sumber : http://www.tvone.co.id