Tahun Ini, PKS Pancoran Salurkan 24 Hewan Kurban Ke Masyarakat


Partai Keadilan Sejarhtera (PKS) Pancoran selalu menjadikan Hari Raya Kurban sebagai momentum untuk menjalin kebersamaan dengan masyarakat. Maka di Hari Raya Kurban 1436H Kamis hari ini (24/9), semua kader PKS Pancoran di berbagai ranting (kelurahan) serentak memotong hewan kurban untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak.

Proses pemotongan hewan kurban tersebar di seluruh sekretariat – sekretariat Dewan Pengurus Ranting (DPRa) maupun Cabang (DPC) PKS Pancoran. Tahun ini total pekurban yang menitipkan kurbannya ke struktur PKS Pancoran sebanyak 24 hewan kurban. Hewan kurban tersebut terdiri dari 9 sapi dan 15 kambing.  Penyembelihan kurban dilaksanakan pada Kamis pagi (24/9) setelah sholat Idul Adha.

"Ini merupakan kurban dari kader - kader partai, tetapi tidak sedikit juga yang berasal dari warga sekitar yang menitipkannya kepada kami di PKS," ujar Ketua DPC PKS Pancoran, Bang Rijaludin.

Untuk pembagiannya, PKS Pancoran tidak menggunakan kupon karena untuk menghindari penumpukan massa, kericuhan dan juga kekurang tepatan sasaran. Oleh karenanya sudah bertahun – tahun PKS Pancoran menggunakan pembagian door to door ke warga masyarakat yang benar - benar priorotas membutuhkan. Lewat para koordinator RT (korte) deteksi dini dilakukan dan daging kurban diantar ke rumah – rumah warga yang lebih membutuhkan tersebut. 

"Kita mengantisipasi agar tidak terjadi kegaduhan antrian seperti yang biasa terjadi saat pembagian daging kurban. Oleh karena itu kita berinisiatif melakukan pendeteksian warga yang membutuhkan sebelum hari penyembelihan kurban dan besoknya membagikan langsung ke mereka. Semuanya kita lakukan melalui para kader dan koordinator RT (korte) yang ada di semua wilayah” ungkap Bang Rijaludin.

Tahun ini memang penyaluran hewan kurban lebih sedikit dibanding tahun – tahun sebelumnya, hal ini mungkin saja karena salah satu imbas adanya krisis ekonomi yang mulai melanda negeri ini. Tahun 2011 DPC Pancoran menyalurkan 47 hewan kurban, tahun 2012 menjadi 94 hewan kurban, tahun 2013 ada 61 hewan kurban, tahun 2014 sebanyak 34 hewan kurban, sementara tahun 2015 ini ada 24 hewan kurban.

Ukuran kesuksesan sebuah kepanitiaan kurban bukan semata-mata pada banyaknya pekurban yang menyetorkan uang kurban atau hewan kurbannya ke panitia kurban. Bukan pada banyak atau sedikitnya jumlah hewan kurban, tapi yang lebih penting adalah seberapa besar pengorbanan kita untuk berkurban. Yang diterima adalah bukan banyaknya darah dan banyaknya daging hewan kurban yang dibagikan, tetapi seberapa besar keikhlasan dan syukur kita. Ingatlah yang akan sampai kepada Allah bukanlah darah dan daging kurban kita, tetapi ketakwaan kita.