Kakak PKS Kembali Buka Program Weekend Berenang

Renang mungkin bisa jadi pilihan untuk kegiatan akhir pekan anak-anak, mengajak mereka berenang pasti akan lebih seru. Seperti yang terlihat saat kakak – kakak PKS mencoba mengajari anak-anak kader berenang, Minggu (20/9).

Mba Maryam, salah seorang kakak PKS Pancoran dari bidang pembinaan anak kader mengatakan, jika pihaknya membuka program weekend renang untuk anak-anak kader sebulan sekali. Ia mengakui, jika program renang yang diajarkan di kolam renang tersebut hanya meliputi pelajaran renang tingkat dasar .…. Byuurrr
    
Rasulullah SAW pernah menyebutkan bahwa mengajarkan renang bukan termasuk perbuatan yang sia-sia, yang termasuk diajurkan oleh Nabi yaitu berkuda, memanah, dan berenang. Rasulullah SAW juga pernah mengatakan “Hak anak atas ayahnya adalah diajarkan membaca, berenang dan memanah." Tentunya tujuan atau tata cara yang dipakai tidak bertentangan atau berseberangan dengan ketentuan syariah. Ini Rasulullah sudah sampaikan sekitar belasan abad yang lalu untuk umatnya. 

Belajar berenang diutamakan sekali sejak usia masih kecil. Alasannya karena belajar menguasai sesuatu akan menjadi lebih mudah bila dikerjakan di usia dini. Maka nasehat Umar bin Al-Khattab radhiyallahuanhu untuk mengajarkan anak-anak kita berenang sejak kecil sudah sangat tepat.

Selain melatih anak-anak untuk menghidupkan sunnah Nabi. Renang juga merupakan olahraga yang banyak manfaatnya.  Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik.

Pelatih tim renang Indonesia, Albert C. Sutanto pernah mengatakan bahwa Indonesia sangat membutuhkan regenerasi perenang. Indonesia masih tertinggal jauh dengan pola regenerasi renang  dari negara – negara tetangga, semisal Singapura.