Hangatnya Buka Puasa Kader – Kader PKS Bersama Para Tetangganya


Masyarakat khususnya umat Islam masih dihadapkan krisis berat dari semua sisi kehidupan.  Salah satu problem yang dihadapai bangsa ini adalah sifat individualisme yang masih tinggi. PKS ingin mengasah jiwa empati sosial setiap kader khususnya serta seluruh masyarakat umumnya agar menyempatkan saling tolong menolong, bertegur sapa, dan saling bersilaturahim kepada tetangga. Menumbuhsuburkan suasana ke-Islam-an dan kebersamaan ini sangatlah tepat dilakukan di bulan Ramadhan.

Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk mendekatkan diri dengan tetangga serta bersilaturahim dengan mereka.  Berlokasi di rumahnya masing – masing, para kader PKS ini mengundang sepuluh sampai dua puluhan tetangganya untuk berbuka puasa. 

Momentum Ramadhan sangat dimanfaatkan oleh kader – kader PKS Pancoran untuk mendekat kepada para tetangganya. Kalau ada seratus kader saja, maka bisa bersilahturahim dengan minimal seribuan tetangga. Program ‘Nenangga’ dari PKS Pancoran terus berjalan, walaupun Ramadhan sudah memasuki sepuluh hari terakhir.

Dengan program ini. Para kader PKS ingin membangun kebersamaan dengan tetangga tanpa ada perbedaan. Dalam sambutannya, beberapa kader memperkenalkan diri sebagai kader PKS aseli setempat siap bekerja bersama masyarakat membangun kebaikan – kebaikan yang telah disepakati bersama.  Para kader – kader PKS juga menyampaikan rasa terima kasihnya, kepada para warga masyarakat  yang telah memenuhi undangannya untuk hadir dalam acara tersebut.  

Orang yang mempunyai cukup makanan untuk mengenyangkan perutnya, sedangkan tetangga di sebelahnya ada yang kelaparan, sangatlah tidak patut ia berbuat seperti itu. Seharusnya ia mengurangi makannya untuk menolong tetangganya itu. Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah beriman kepadaku orang yang menghabiskan malamnya dalam keadaan kenyang dan ia tahu bahwa tetangga di sebelahnya kelaparan."