PKS Tidak Keder Hadapi Pilkada DKI 2012

KEMENANGAN yang tertunda yang dialami Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2007, menghadirkan persiapan yang lebih matang dan ilmu yang berharga. Partai berlambang bulan sabit kembar itu, terlihat percaya diri (PD) menghadapi Pilkada DKI 2012 yang sudah di depan mata. Hal itu terbukti, dengan munculnya figur dari PKS yang akan diusung dalam Pilkada mendatang, Bang Sani (Triwisaksana) disaat parati –partai besar lain masih “malu-malu” memunculkan calonnya.

PKS nampaknya memang jauh lebih siap dibanding saat Pilkada DKI 2007. Sehingga kepercayaan dirinya pun lebih terbangun untuk menghadapi Pilkada 2012.

Dalam Pilkada DKI 2007 Partai-Partai Besar dan Kecil ditambah partai birokrat memang sepakat mengeroyok PKS dan mereka memang terlihat sombong dengan menyatakan waktu itu “pasti menang”. Mereka semua tidak mau berkoalisi dengan PKS. Akhirnya, memang Tuhan menunda kemenangan buat PKS.

Seorang pengamat pun menyarakankan, agar PKS tidak meniru kesombongan mereka, dan untuk berkoalisi dengan partai lain. Karena, dengan cara itulah PKS bisa meraih hasil yang lebih baik.

Sejumlah figur Calon Gubernur DKI, termasuk tokoh Triwisaksana yang diusung PKS, telah intens memasang baliho dan spanduk gambar dirinya di jalanan Jakarta, baik jalan protokol sampai gang – gang kampung. Selain itu Triwisaksana juga memberikan bukti dan menjelaskan kepada masyarakat apa-apa yang sudah mereka lakukan untuk warga melalui berbagai pertemuan dengan para tokoh – tokoh kampung di seantero Jakarta. Triwisaksana atau Bang Sani menerangkan secara detail mengenai diri mereka dan program-program yang akan dilakukan untuk membangun Jakarta jika terpilih kelak. Selain itu, latar belakang dan pekerjaan serta prestasi apa saja yang selama ini telah ia raih dan ia kerjakan untuk masyarakat.

Bang Sani tidak hanya memasang gambar diri banyak-banyak, namun juga memberikan bukti yang nyata untuk masyarakat Jakarta.

Sementara itu, secara umum kader PKS selalu menyatakan kesiapannya untuk menjemput kemenangan dalam Pilkada 2012. Salah satunya, diungkapkan Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS DKI Jakarta Triwisaksana. Ia menyatakan, kekalahan yang mendera PKS di ajang Pilkada DKI Jakarta 2007 lalu, tidak lantas membuat PKS patah arang. Justru PKS akan kembali bertarung di arena Pilkada DKI Jakarta yang akan di gelar 2012 mendatang. Pria yang akrab disapa Sani ini mengatakan, kekelalahan membawa banyak pelajaran dan pengalaman bagi PKS untuk siap bertarung kembali di kancah pilkada. Pilkada Jakarta bukan hanya pertarungan untuk tingkat wilayah lokal Jakarta saja, tetapi para pejabat nasional dan juga asing akan sangat berkepentingan pada Pilkada Ibu Kota ini.