Ramai 17 Agustus-an DPC PKS Pancoran

Selasa (17/08) sekretariat DPC PKS Pancoran mendadak ramai tidak seperti biasanya, pagi itu puluhan orang tua dan anak – anak mendatangi sekretariat DPC PKS Pancoran di jalan Veteran Durentiga. Mereka terdiri dari para keluarga kader beserta anaknya, para pengurus struktur DPC-DPRa beserta anaknya serta masyarakat sekitar beserta anaknya. DPC PKS Pancoran pagi itu memang sudah mempersiapkan diri menghadapai keramaian tersebut, tenda besar sudah terpasang di depan sekretariat. Tempat parkir motor pun sudah disiapakan panitia di depan sekretariat.

Hari itu sebagian orang khususnya PNS dan juga para pejabat melakukan upacara bendera memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus. Selain itu masyarakat juga mempunyai kebiasaan setiap tanggal 17 Agutsus, mereka memperingatinya dengan mengadakan berbagai macam lomba rakyat. Begitupun DPC PKS Pancoran, tanggal 17 Agustus 2010 ini mengadakan berbagai macam lomba. Beberapa lomba yang digelar hari itu adalah lomba mewarnai gambar, lomba photo, lomba tulis surat untuk ayah-bunda, serta lomba mendongeng. Masing – masing lomba mempunyai kriteria sendiri – sendiri, lomba photo hanya untuk anak balita usia 1–5 tahun, lomba mewarnai untuk usia 6-8 tahun, lomba menulis untuk 9-12 tahun, sementara lomba mendongeng dibuka untuk para orang tua. Panitia menyiapkan hadiah untuk juara 1 sampai 3 pada masing – masing lomba. Panitia juga tidak lupa menyiapkan berbagai macam doorprize untuk para pengunjung dan peserta lomba.

Pagi itu para kader PKS Pancoran yang menjadi panitia sibuk mempersiapkan berlangsungnya acara tersebut, dari pendaftaran sampai mempersiapkan pembukaan acara. Rangkaian bendera merah putih telah dipasang menghiasi lokasi lomba, jalan – jalan menuju lokasi lomba juga telah dipasangi bendera merah putih, suasana kemeriahan kemerdekaan saat itu memang sangat terasa disekitar area lokasi perlombaan. Acara lomba menjadi semakin menarik karena dipandu oleh MC senior DPC yaitu kak Nia dan Bu Heni. “Siapa yang ulang tahun hari ini?” teriak mc kepada para anak – anak peserta lomba, anak – anak pun dengan kompak menjawab, “Indonesia”. Setelah itu mc pun mengajak para peserta dan para pengunjung untuk menyanyikan lagu 17 agustus sambil bertepuk tangan. MC pun berkali – kali memekikan kata, “Merdeka, Allohu Akbar” serentak anak – anak pun menirukan ucapan sang MC tersebut. Setelah sedikit sambutan disampaikan oleh panitia, acara lomba pun dimulai. Anak – anak peserta lomba mewarnai langsung membuka kotak crayonnya dan selanjutnya mewarnai gambar yang telah dibagikan oleh panitia. Lokasi lomba mewarnai terletak dihalaman DPC, sementara lokasi untuk menulis surat dan mendongeng berada di ruangan dalam sekretariat DPC. Panitia memajang para peserta lomba photo di dinding halaman DPC dan memberi nomor pada tiap photonya. Selanjutnya para pengunjung dan masyarakat sekitar diminta untuk memberi nilai pada setiap photo yang terpasang, pilihan favorit masyarakat lah yang nantinya menjadi pemenang.

Rangkaian lomba berlangsung dari pukul 08.00 sampai 11.00. Untuk lomba mewarnai dimenangkan oleh ananda Rara yaitu anak dari Bpk Rizaludin-Durentiga, menulis surat untuk ayah bunda dimenangkan oleh ananda Sarah Fauziah yaitu anak dari Bpk Nu’man Lukman - Rawajati, lomba photo dimenangkan oleh ananda Wazna Iqlima yaitu anak dari Bpk Gian-Durentiga, sedangkan lomba mendongeng dimenangkan oleh Bbk. Oke dari Durentiga. Sementara untuk hadiah doorprize, dari doorprize ke-1 sampai 3 tanpa sengaja diboyong semua oleh sebuah keluarga yang juga merupakan tetangga DPC. Masyarakat senang, kami pun senang bisa sedikit menyumbang untuk Indonesia, karena bekerja untuk Indonesia juga merupakan ibadah.