Family Learning Series (Seri ke-8) RKI Pancoran - Berinteraksi dengan Keluarga Dekat

Family Learning Series(Seri ke-8) RKI Pancoran - Berinteraksi dengan Keluarga Dekat

Tak terasa Family Learning Series dari RKI(Rumah Keluarga Indonesia)Pancoran sudah memasuki seri ke-8. Seperti biasa kajian keluarga dengan narasumber Ust. Dr. Saiful Bahri, MA ini digelar setiap Sabtu, pekan ke-4 tiap bulan di Masjid An Nur Perdatam, Pancoran, Jakarta Selatan. Kajian pekan ini mengangkat tema "Orang Tua/Mertua dan Ipar (Bagaimana berinteraksi dengan keluarga dekat)" .



Menarik memang tema yang dipaparkan oleh narasumber, apalagi setiap orang yang telah menikah akan berinteraksi dengan keluarga dari suami/istrinya. Kita memang perlu memahami posisi kita serta permasalahan yang mungkin timbul. Karena bisa jadi memang ada perbedaan latar belakang sosia kultural, ekonomi, maupun pendidikan. Bisa jadi pula ada kesamaan, sebagai contoh , antara menantu perempuan dengan ibu mertua ada kesamaan tipe sebagai pengatur, penjaga, pelindung dan pengurus rumah tangga. Terkadang sering dijumpai kendala-kendala komunikasi. Untuk solusinya perlu dilihat kira-kira darimana asal masalahnya, apakah dari dari menantu atau mertua, dan bagaimana peran mediasi dari pasangan mereka dalam hal ini.

Selain memaparkan beberapa kasus-kasus yang umum terjadi, narasumber pun menambahkan pula pemahaman fikih yang berhubungan dengan keluarga, di antaranya definisi mahram, serta siapa saja yang disebut mahram, bagaimana cara berpakaian seorang muslimah ketika berinteraksi dengan mahram, dsb..


Nantikan Family Learning Series ke-9 dari RKI pada Sabtu pekan ke-4 bulan mendatang.. Diharapkan kehadiran bersama pasangan... :)

Semoga Allah Swt memudahkan langkah kita dalam menuntut ilmu..
Aamiin..
 
(dj)